4 Tips Memilih Lampu Rumah yang Ideal

Kita semua tentu mengetahui besarnya fungsi utama lampu di rumah, yaitu sebagai media penerangan pada saat malam hari dan untuk menjemur pakaian pada musim hujan di mana tidak memungkinkan bagi kita untuk menjemur pakaian di luar akibat hujan yang turun terus menerus.

Dalam memilih lampu yang akan digunakan di rumah diperlukan keseriusan dan perhatian khusus. Salah memilih jenis lampu yang akan digunakan di rumah bisa mengakibatkan pemborosan listrik sehingga tagihan listrik Anda membengkak.

Untuk mencegah hal tersebut di atas, maka pada artikel kali ini saya akan membagikan 5 tips memilih lampu rumah yang ideal. Adapun rinciannya adalah sebagaimana di bawah ini.

1.Pilihlah lampu yang hemat energi

Untuk menghemat penggunaan listrik gunakanlah lampu hemat energi, yang sering juga disebut dengan LED (Light Emithing Diode). LED sendiri adalah suatu benda semi konduktor yang mempunyai fungsi utama melakukan perubahan pada energi listrik menjadi energi cahaya apabila benda / alat tersebut dilalui oleh arus energi listrik. Lampu LED memiliki kedua kelebihan utama yaitu mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dan efisiensi terhadap daya listrik yang sudah dibuktikan dalam teori ataupun pengaplikasian langsung (praktek lapangan). Hasil pengaplikasian langsung menunjukkan LED berkali-kali lebih hemat dalam penggunaan listrik dibandingkan dengan lampu pijar maupun lampu neon yang terkenal sangat boros.

2.Pilihlah lampu yang bergaransi

Gunakanlah lampu yang bergaransi. Saat ini sudah sangat banyak jenis lampu yang memiliki garansi dengan interval kurun waktu 10 tahun sampai 15 tahun. Sebagai contoh lampu LED, di mana perusahaan lampu tersebut berani memberi penawaran garansi sampai selama itu. Meskipun harga jualnya cukup mahal, tetapi menggunakan lampu LED bergaransi jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan lampu pijar atau lampu neon yang seringkali harus diganti karena cepat putus. Selain itu dari segi pembayaran daya listrik juga lebih hemat jika Anda menggunakan lampu LED.

3.Pilihlah lampu yang tahan lama dipakai

Perbandingan waktu pemakaian dan ketahanan antara lampu pijar dan lampu LED cukup mencolok. Lampu pijar mampu bertahan selama 1,000 jam, sedangkan lampu LED mampu bertahan selama 50,000 jam.  Jadi, menggunakan lampu LED jauh lebih baik dari segi mana pun daripada penggunaan lampu pijar ataupun lampu neon.

4.Pilihlah Lampu yang ramah lingkungan

Disebut sebagai lampu yang ramah lingkungan karena tidak memiliki dampak buruk selama digunakan. Penggunaan lampu LED sudah jelas terbukti sangat ramah terhadap lingkungan sekitarnya, berbeda halnya dengan lampu pijar atau neon yang mengandung paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit dalam jangka panjang, disamping kandungan merkuri yang terdapat di dalamnya.  

3 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *