7 Hal seru yang ditunggu saat Ramadhan

Selalu ada kenangan kalo ngomongin bulan Ramadhan. Dan setiap tahun pastinya ada aja hal seru yang ditunggu dari bulan Ramadhan ini. Bagi umat muslim, tentunya bulan ini adalah bulan istimewa karena banyak keberkahan di dalamnya. Tapi yang lebih seru tentu aktifitas-aktifitas unik yang cuma bisa dilakukan da nada di bulan Ramadhan aja. Sebentar lagi bulan suci ini tiba dan pastinya kamu harus sudah bersiap untuk menyambut dan menyiapkan berbagai kebutuhan di bulan Ramadhan ini. Yuk kita simak lagi 7 hal seru yang ditunggu di bulan Ramadhan ini dan nggak sabar pengen kamu lakukan dan rasakan lagi.

 

Serunya Ramadhan dengan 7 aktifitas ini

Meski banyak kegiatan khusus yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, tentu saja hal-hal di bawah ini bakal ngangenin banget dan bentar lagi bakal kamu alami sendiri. Bersiap untuk sebulan mendapatkan banyak pahala dan pelajaran hidup tentang bersabar, ikhlas, berbagi, dan bersyukur. Tentu dengan semua pelajaran hidup ini, nantinya kita akan jadi manusia yang lebih baik lagi di saat hari raya Idul Fitri dan diberi umur panjang untuk bisa bertemu di Ramadhan di tahun berikutnya. Sayang banget kan kalau setelah bulan Ramadhan kita nggak bisa jadi sosok yang lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam proses memperbaiki iman. Nah, yuk kita simak dulu hal-hal menarik yang bakal bikin Ramadhan kamu jadi lebih berisi dan berwarna.

  1. Bangun Sahur

Sahur adalah aktifitas yang pastinya nggak akan pernah kamu lakukan di luar bulan Ramadhan ini. Makan sahur saat dini hari hingga waktu imsak tiba. Saat sahur ini kamu punya dua pilihan. Jadi orang-orang yang keliling buat bangunin sahur atau orang yang dibangunin sahur. Serunya keliling lingkungan rumah kayak orang ronda sambil teriak sahur-sahur. Udah seru, ternyata bangunin orang sahur itu berpahala lho. Nah, sedangkan saat sahur, kamu bisa menyiapkan berbagai menu sederhana untuk bekal berpuasa seharian. Kegiatan ini sebentar lagi bakal kamu lakukan selama bulan Ramadhan.

  1. Iklan sirup dimana-mana

Bisa dibilang sirup jadi salah satu ikon Ramadhan yang paling kuat. Kamu bakal nemuin iklan sirup lebih sering dari biasanya. Mulai dari iklan di televisi, atau tampilannya yang lebih terdisplay di toko-toko dan swalayan. Sirup identic dengan minuman saat berbuka. Tinggal dikasih es, kayaknya dahaga selama seharian pun hilang dan berganti dengan kesegaran tiada tara. Begitulah bunyi iklan yang ditampilkan. Padahal di waktu biasanya, jangankan lihat iklannya di televisi, mungkin kamu sama sekali tidak tertarik untuk minum sirup. Ya gak?!

3. Shaat Tarawih

Selain berpuasa, ibadah umat muslim yang mesti dilakukan saat bulan Ramadhan adalah shalat tarawih setelah shalat Isya’.  Buat kamu yang jarang banget nongkrong di masjid di waktu malam, maka shalat tarawih bisa membuat aktifitas malam kamu jadi lebih berwarna. Akan ada berbagai acara dan kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti tadarus, mendengar ceramah, atau bercengkerama dengan tetangga. Pastinya kegiatan kayak gini jarang sekali dilakukan saat di luar bulan Ramadhan. Tapi kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan ibadah untuk shalat tarawih. Kebetulan karena iLotte sekarang puya gelaran promo Ramadhan yang bisa incer untuk berburu berbagai kebutuhan Ramadhan. Tentu saja ini sangat menggiurkan kaum muda buat mendapatkan berbagai produk-produk berkualitas dengan harga yang menarik. Dengan promo Ramadhan yang telah disiapkan ini, dijamin kamu lebih siap untuk menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung waktu.

  1. Rumah makan tertutup kain

Sempat menjadi kontroversial, tapi nyatanya rumah makan banyak yang menutup kaca dan jendela bagian depannya untuk menghormati orang yang berpuasa. Memang sih nggak terlalu dianjurkan tapi kamu bakal mendapatkan momen ini cuma di bulan Ramadhan aja sebagai wujud menghargai orang yang berpuasa sedangkan ada orang yang tidak berpuasa dan bebas makan di siang hari. Nggak ngomongin tentang kontroversialnya, tapi bisa dipastikan momen ini bakal kamu temuin cuma saat bulan Ramadhan aja.

  1. Ngabuburit

Momen menarik lainnya yang nggak akan pernah ditemui selain di bulan Ramadhan adalah ngabuburit. Ya istilah ini cukup populer di Indonesia sebagai penanda aktifitas di luar ruangan untuk menunggu waktu berbuka. Tapi aktifitas ini nggak melulu nongkrong-nongkrong di pinggir jalan lho ya. Menunggu waktu berbuka bisa kok dengan nongkrong di masjid sambil mendengarkan kajian. Atau aktifitas lainnya yang tentunya bermanfaat untuk puasa kamu. Selain itu, kamu bisa juga lihat promo Ramadhan dari iLotte buat yang seneng belanja. Kalau denger kata promo gini biasanya sih akan ada barang-barang kesukaan dengan harga yang terjangkau. Yuk intip dulu iLotte buat tau promo Ramadhan apa aja sih yang ditawarkan.

  1. Buka bersama

Kalau biasanya jarang banget kumpul keluarga saat makan malam, maka buka puasa ini adalah yang paling nikmat mengumpulkan semua anggota keluarga. Apalagi kalau buka puasa bersama di masjid setelah mendengar kajian, kamu bakal ketemu sama tetangga yang selama ini nggak pernah kamu temui. Inilah nikmatnya berbuka puasa bersama. Ditambaha lagi, biasanya adegan berbuka puasa ini selalu menyuguhkan menu-menu istimewa dari sedekah banyak orang. Bisa dipastikan kenikmatan menyantap menu berbuka semakin menggiurkan. Kamu bakal dapat makanan gratis, pahala, ditambah silaturahmi yang tetap terjaga bareng tetangga lingkungan rumah. Belum lagi undangan buka bersama dari berbagai penjuru mulai dari geng sekolah, teman sebaya, bahkan dijadikan ajang reuni yang membuat semuanya jadi lebih hangat. Pastinya momen buka puasa ini adalah momen paling nikmat karena bisa makan dengan puas dan membawa berkah.

  1. Pengajian

Siraman rohani bahasa gaulnya. Menghadirkan ustadz kenamaan untuk memberikan tausiah yang akan menambah ketebalan iman. Biasanya kamu cuma dengerin pengajian di tv atau di acara tertentu aja. Tapi di bulan Ramadhan, bisa dipastikan pengajian akan sering digelar, mulai dari pengajian setelah tarawih, setelah subuh, atau sebelum berbuka. Bahkan di televisi pun akan sangat sering menampilkan acara pengajian untuk membuat suasana Ramadhan semakin sendu. Jadi bisa banget saat bulan Ramadhan semakin mempertebal keimanan dan menambah wawasan keagamaan yang selama ini nggak kamu dapatkan di luar bulan Ramadhan. Biasanya bakal ada ustadz kondang yang nongol untuk memberikan tausiah dan ceramah-ceramah yang menggugah hati. Jadi siap-siap memperbaiki diri dan iman.

Nah itu dia berbagai kegiatan dan momen-momen seru yang cuma bisa dirasakan saat bulan Ramadhan. Memang beberapanya bisa kita temukan dalam kegiatan sehari-hari. Tapi momen penuh berkah di bulan Ramadhan telah membuat kegiatan sekecil dan sesederhana apapun akan bernilai lebih. Bukankah pahala biasa juga akan berlipat berpuluh-puluh kali. Nah berarti sudah siap kan menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini.

2 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *