Cara Menghitung Usia Kehamilan

6 Hal Ini Harus Jadi Perhatianmu Saat Merencanakan Kehamilan

Sebagai seorang ibu dan ayah yang segera akan menjadi orang tua pasti sangat bahagia ketika seseorang yang dinanti hadir. Seseorang tersebut adalah sang buah hati yang selalu ditunggu tunggu hingga kelahirannya nanti. Ketika mama sedang hamil maka mama wajib mengetahui usia kandungan mama, baik menggunakan cara yang tradisional maupun menggunakan cara yang modern. Banyak yang bertanya mengapa harus mengetahui usia kandungan si bayi? 

Tentu saja harus , terdapat beberapa alasan yang bisa kamu mengerti mengapa harus mengetahui usia kandungan anda saat ini. pertama dikarenakan anda harus memberikan asupan gizi yang tepat untuk membantu pertumbuhan dari janin. Tidak hanya untuk berat badannya tetapi untuk tumbuh kembang dari anak anda. kedua adalah untuk bisa memperhatikan apa apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. 

Kebanyakan orang menjadikan hal ini menjadi hal yang sangat penting dikarenakan cara mengatur mama muda pada usia trimester awal akan berbeda dengan mama muda pada trimester ketiga sehingga kita pun harus lebih paham dan mengerti hal tersebut. Ketiga dengan mengetahui usia janin maka kita bisa dengan mudah mengetahui perkiraan hari lahir sang buah hati dan terakhir adalah membantu mempersiapkan kebutuhan bayi. Tidak mungkin kan bayi ketika lahir tidak menggunakan pakaian yang bisa menutupi dia. Oleh karena itu perlengkapan yang benar benar terpenuhi dapat membantu bayi tetap terjaga kehangatannya

Lalu cara menghitung usia kehamilannya bagaimana caranya? Nah berikut akan dijelaskan beberapa cara yang bisa membantu mama muda untuk mengetahui usia kandungan anda saat ini. cara yang pertama adalah menggunakan kalkulator kehamilan yang bersifat online. 

Dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat berkembang membuat kita pun menjadi harus beradaptasi dengan teknologi secara cepat. Nah dari pada mondar mandir ke dokter dengan biaya yang cukup mahal anda bisa menggunakan kalkulator kehamilan online yang bisa digunakan dengan cara yang mudah. anda hanya perlu mengetik tanggal, bulan dan tahun hari pertama haid terakhir atau HPHT beserta periode siklus menstruasi anda. 

Kedua anda bisa menggunakan sebuah hitungan kalender dengan menggunakan rumus Naegele. Anda bisa menghitung menggunakan rumus ini ketika anda sudah mengetahui siklus haid anda karena penggunaan rumus ini biasanya digunakan hanya untuk para wanita yang haidnya teratur. Pertama yang bisa andalakukan adalah mengetahui HPHT anda sendiri perhitungannya sebagai berikut. Tanggal HPHT ditambahkan dengan 7, lalu bulannya HPHT dikurangkan dengan 3 dan tahun dari HPHT ditambahkan dengan 1. 

Sehingga muncul seperti ini. HPHT 23 September 2019, maka tanggal HPHT 23+7 =30 , bulan HPHT 9-3= 6 ( Juni)dan tahun HPHT 2019+1= 2020. Maka perkiraan lahir anda adalah 30 Juni 2020. Tetapi jika bulan HPHT anda tidak bisa dikurangi seperti Februari 2-3=…. Maka anda cukup menggunakan bulan HPHT ditambahkan dengan 9 tanpa perlu menambahkan tahunnya. Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan system fundus uteri. Jadi Fundur Uteri ini memiliki arti puncak rahim. Ketika puncak rahim anda meninggi seiring dengan perkembangan dari janin anda maka anda bisa menghitungnya secara manual. Pertama anda bias meraba bagian puncak yang menonjol diperut anda, setelah itu hitung jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim anda. jika jaraknya 10 cm maka usia kehamilan anda berada dalam waktu 10 minggu. Mudah bukan moms?

 

1 day ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *